Selamat Datang Di Dealer Suzuki Bandung - Silver Riski - 08122488833 Dapatkan Diskon Khusus Bulan Ini Pesanan Melalui Website Resmi Kami! Hanya Di Sini Pastikan Harga Unit Anda Termurah!
Menu
Model
Beranda » Berita Terbaru » Tips Saat Musim Penghujan Untuk Kaca Mobil Anda

Tips Saat Musim Penghujan Untuk Kaca Mobil Anda

Dipublish pada 1 November 2018 | Dilihat sebanyak 123 kali | Kategori: Berita Terbaru

Tips Saat Musim Penghujan Untuk Kaca Mobil Anda

Tips Saat Musim Penghujan Untuk Kaca Mobil Anda | harus merawat kaca mobil. Kondisi kaca mobil yang kotor akan membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. Selain tentunya mengganggu visibilitas keluar.

Anda harus merawat kaca mobil. Kondisi kaca mobil yang kotor akan membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. Selain tentunya mengganggu visibilitas keluar.

Apalagi saat memasuki musim hujan seperti saat ini. Kaca mobil yang tidak berfungsi dengan baik akan menyulitkan Anda ketika menyetir mobil. Seperti kaca berembun atau butiran air hujan tidak tersapu dengan baik oleh wiper.

Keberadaan jamur kaca juga membuat kaca mobil buram dan memantulkan cahaya sinar lampu mobil dari arah berlawanan. Ini jelas sangat berbahaya, terutama ketika hujan deras dengan daya pandang rendah.

Oleh karena itu, selagi hujan belum rutin turun setiap hari, Anda bisa memulai kembali langkah perawatan kaca mobil yang saat musim kemarau lalu alpa dilakukan.

Yang pertama adalah, segera bersihkan jika ada kotoran menempel di kaca mobil, seperti debu. Jangan pakai kemoceng bulu ayam karena berisiko membuat baret di kaca. Anda bisa menggunakan kemoceng yang menggunakan bahan kain mikrofiber.

Gunakan lap basah untuk membersihkan noda yang menempel. Jika membandel, Anda bisa memanfaatkan cairan glass cleaner yang banyak dijual di toko aksesoris mobil.

Meski efektif, jangan pakai pembersih kaca rumah lantaran kandungan amoniak bisa membuat kaca mobil berkabut. Pastikan noda terangkat dan kaca mobil kering sempurna sehingga tidak menimbulkan bercak yang dalam jangka panjang berpotensi menjadi jamur kaca.

Air hujan memiliki kandungan asam yang kuat dan dalam jangka waktu lama bisa merusak struktur kaca mobil. Segera siram dengan air bersih saat tiba di rumah dan keringkan. Upaya ini juga sebagai bagian dari cara mengurangi potensi tumbuhnya jamur kaca.

Rutin mencuci mobil menjadi solusi terbaik. Minimal 1 minggu sekali, tapi kalau intensitas hujan tinggi, Anda bisa mempercepat hingga 2 hari sekali tergantung kondisi mobil Anda.

Setelah atap, pastikan kaca mobil mendapatkan prioritas utama dibersihkan. Semprot dengan air tekanan supaya kotoran rontok dan turun ke bawah. Pastikan pula kaca mobil kering sempurna untuk mengurangi risiko tumbuhnya jamur kaca.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda bisa melapisi kaca dengan cairan pelindung yang banyak dijual di pasaran. Namun sebelumnya, bersihkan kaca dengan glass cleaner untuk memastikan tidak ada lagi kotoran hinggap di atas kaca.

Cairan glass protectant biasanya juga memiliki bahan yang menjadikan kaca memiliki sifat yang membuat air seperti di daun talas. Ini tentunya sangat membantu Anda saat menghadapi hujan deras.

Namun bila ternyata jamur di kaca mobil sudah di level yang tidak dapat dibersihkan sendiri, sebaiknya Anda membawa mobil kesayangan ke salon mobil untuk perawatan lebih detail. Memang butuh biaya, tapi sangat bermanfaat untuk membuat kaca mobil tetap bening dan bersih.

Saat musim kemarau, mungkin Anda lupa akan fungsi wiper, baik di kaca depan dan belakang. Nah, sekarang saat yang tepat untuk memeriksa kondisinya. Jangan segan untuk mengganti dengan yang baru bila sudah getas dan tidak layak pakai.

Ciri-ciri karet wiper sudah tidak layak pakai antara lain karetnya sudah tidak lentur, terdapat retakan di karet terutama di bagian yang bersentuhan langsung dengan kaca mobil, dan tidak maksimal saat menyapu kaca.

Karet wiper tidak akan bisa bekerja optimal dalam membersihkan kaca mobil. Bahkan bisa merusak dengan menimbulkan baret halus. Jika dibiarkan akan semakin dalam. Di titik tertentu baret tersebut tidak bisa dibersihkan dan Anda harus mengganti dengan kaca baru.

 

Perhatikan pula tabung penyimpan air pembersih kaca. Terlalu lama tidak dipakai, bisa saja Anda lupa mengisi dan ternyata habis ketika dibutuhkan. Atau airnya kotor karena terlalu lama tidak dibersihkan. Anda bisa menambahkan cairan pembersih untuk membantu kerja wiper.

Oh ya, jangan operasikan wiper saat kaca mobil kering karena bisa menimbulkan baret di kaca. Kalaupun terpaksa karena ada kotoran saat mobil berjalan, semprot dulu kaca depan dengan cairan pembersih kaca. Baru operasikan wiper untuk menyeka kaca. Bersihkan dan keringkan kaca mobil setelah tiba di tujuan.

 

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Suzuki Salurkan Donasi Untuk Fase Pemulihan Palu

Dipublish pada 1 November 2018 | Dilihat sebanyak 134 kali | Kategori: Berita Terbaru

Palu, 26 November 2018 – Musibah gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah pada 28 September lalu menyisakan duka mendalam bagi korban bencana. Untuk itu, pada 21-23 November 2018 Suzuki menyalurkan donasi senilai Rp1,2 Miliar untuk... selengkapnya

Tips Saat Musim Penghujan Untuk Kaca Mobil Anda

Dipublish pada 1 November 2018 | Dilihat sebanyak 123 kali | Kategori: Berita Terbaru

Tips Saat Musim Penghujan Untuk Kaca Mobil Anda Tips Saat Musim Penghujan Untuk Kaca Mobil Anda | harus merawat kaca mobil. Kondisi kaca mobil yang kotor akan membuat Anda tidak nyaman saat berkendara. Selain tentunya mengganggu visibilitas keluar. Anda harus... selengkapnya

Site Visitor

005550
Users Today : 8
Users Yesterday : 24
This Month : 872
This Year : 5550
Total Users : 5550
Views Today : 13
Total views : 9193
Who's Online : 1
Your IP Address : 18.234.97.53
Server Time : 2020-10-28